Pelatihan STBM Kelurahan Pondok Petir Kecamatan Bojongsari Kota Depok

2019-09-11  Tags :

Share :

 

Pelatihan STBM Kelurahan Pondok Petir Kecamatan Bojongsari Kota Depok

 

Kelurahan Pondok Petir (Pontir) gelar pelatihan fasilitator pengkajian partisipatif (Pemicuan) Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Pelatihan diikuti 30 peserta kader di sejumlah wilayah tersebut.

 

Usai mengikuti pelatihan, para peserta menjadi duta kesehatan yang mendapat tugas melakukan sosialisasi dan pendataan di masyarakat yang masih menggunakan MCK (mandi cuci kakus) yang tidak sehat.

 

Rizal Farhan, Lurah Pondok Petir menyatakan pentingnya sosialisasi STBM, karena di wilayah ini masih ada warga yang belum memiliki toilet di dalam rumah.

 

Dampak membuang buang air besar (BAB) di luar rumah, seperti memanfaatkan empang dan lainnya atau disebut koya menjadikan lingkungan kumuh. Untuk itu, melalui pelatihan ini masyarakat diberikan pencerahan agar melakukan hidup bersih dan sehat.

 

“Jadi, dengan STBM ini tujuannya mengajak masyarakat berperilaku hidup bersih dan sehat dengan memperhatikan sarana MCK,” ujarnya, kemarin.

 

Dirinya berharap para peserta yang diberikan bekal dapat menindaklanjuti ke lingkungan masing-masing melakukan sosialisasi dan mendata agar nantinya diketahui berapa banyak warga yang belum memiliki toilet.

 

Secara terpisah, Yuyun Purwana selaku Kasie Ekonomi dan Pembangunan Kelurahan Pondok Petir mengatakan, pelatihan fasilitator partisipatif Sanitasi Berbasis Masyarakat tujuannya memberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya menjaga lingkungan supaya sehat.

 

Fokus kegiatan ini, sambung dia di dalam penyediaan MCK yang layak bagi kebutuhan warga. Dari pelatihan ini peserta yang ikut bisa memberikan pencerahan kepada warga yang belum memiliki MCK, sehingga mereka bisa membangunnya dan hidup sehat dan aman.

 

“Jadi peserta dari kegiatan ini menjadi duta kesehatan di masyarakat. Mereka memberikan pencerhan kepada warga sekaligus mendata yang belum memiliki MCK,” tandasnya.

Kegiatan ini, diungkapkannya, dibiaya pemerintah pusat, dan dari kegiatan ini nantinya akan dievaluasi. Hadir sebagai nara sumber dari Dinas Kesehatan Kota Depok.