Penyuluhan dan Mitigasi Pemadam Kebakaran Kelurahan Pondok Petir

2019-10-25  Tags :

Share :

 

Kebakaran yang diakibatkan kebocoran tabung gas maupun korsleting listrik kerap terjadi di beberapa wilayah. Untuk mencegah hal tersebut, puluhan warga Pondok Petir, Kecamatan Bojong Sari, diberi penyuluhan dan mitigasi kebakaran agar warga waspada dengan bahaya kebakaran.

 

“Kejadian kebakaran bisa menimpa siapa saja, termasuk warga Pondok Petir. Alhamdulillah, kita mendapatkan penyuluhan dari Dinas Pemadam Kebakaran (Uptd Damkar Kecamatan Bojongsari) dan Penyelamatan untuk meningkatkan pengetahuan.

 

Adapun peserta yang hadir, antara lain warga Pondok Petir yang terdiri dari Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), RT, RW, kader, Karang Taruna dan tokoh masyarakat. 

 

“Kami harapkan peserta dapat memahami dan mengerti bagaimana cara pencegahan kebakaran. Terlebih, saat ini musim panas dan rentan terjadi kebakaran. Mudah-mudahan warga bisa jadi lebih paham bagaimana langkah-langkah untuk menghindari kebakaran,” jelasnya.

 

Senada dengan itu, Kepala Dinas Damkar yang diwakili oleh Kepala UPTD Damkar Kecamatan Bojongsari Kota Depok , Munadi mengatakan, dalam sosialisasi pihaknya membawa tim sosialisasi dari Dinas Damkar untuk memberikan pemahaman mengenai bagai mana mengatasi kebakaran yang terjadi terutama di rumah warga masyarakat.

“Yang bahaya kalau instalasi listrik tidak sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Selain itu, jaringan listrik di bangunan atau di rumah ada batas waktunya juga, maksimal 10  tahun harus dicek lagi. Ini hanya salah satu upaya pencegahan, mudah-mudahan melalui penyuluhan bisa meningkatkan kewaspadaan masyarakat,” pungkasnya.