Tentang Kelurahan


Pondok Petir adalah sebuah kelurahan yang terletak di kecamatan Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat, Indonesia. Wilayahnya terletak di bagian barat Kota Depok dan berbatasan langsung dengan Kota Tangerang Selatan dengan jumlah penduduk 21.942 orang terdiri 10.976 penduduk laki laki dan 10.966 penduduk perempuan ( " Data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Depok per- 12 Agustus 2019" )  dari 17 RW dan 93 RT yang ada di Kelurahan maka menjadikan Pondok Petir Sebagai Kelurahan yang sudah dianggap maju dari segi Perekonomian dan Pembangunan.   
Kodepos16517

Struktur Organisasi


  • Lurah

    RIZAL FARHAN,S.Ip

    Lurah
  • Kelompok Jabatan Fungsional

  • Sekretaris

    BUDI JOKO SANTOSO,SE

    Sekretaris

  • Seksi Pemerintahan

    GISMAN MANIK,S.SOs

    Kepala Seksi Pemerintahan, Ketentraman dan Ketertiban

  • Seksi Pembangunan dan Ekonomi

    H.YUYUN PURWANA,SKM

    Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan

  • Seksi Kemasyarakatan

    YULI LESTARI,A.Md

    Kepala Seksi Kemasyarakatan dan Pelayanan Umum

VISI

“ Kota Depok yang Unggul, Nyaman dan Religius “

Unggul

 

  • Menjadi terbaik dan terdepan dalam memberikan pelayanan publik, pengembangan ekonomi yang kokoh dan berkeadilan berbasi industri kreatif dan pengembangan Sumber Daya Manusia yang bertumpu pada Ketahanan Keluarga.

Nyaman

  • Terciptanya suatu kondisi yang bersih, sehat, asri, harmonis, berwawasan lingkungan dan ramah bagi kehidupan masyarakat

Religius

  • Terjaminnya hak-hak masyarakat dalam menjalankan kewajiban agama bagi masing-masing pemeluknya yang tercermin dalam peningkatan ketaqwaan kepada Tuhan YME, serta kemuliaan ahlak, moral dan etika serta berwawasan kenegaraan dan kebangsaan yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945

MISI

MISI

  • Meningkatkan kualitas pelayanan publik yang profesional dan transparan
  • Mengembangkan Sumber Daya Manusia yang Relijius, Kreatif, dan Berdaya Saing
  • Mengembangkan Ekonomi yang mandiri, Kokoh, dan berkeadilan berbasis Industri Kreatif
  • Membangun infrastruktur dan ruang publik yang merata, berwawasan lingkungan dan ramah keluarga
  • Meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melaksanakan nilai-nilai agama dan menjaga kerukunan antarumat beragama serta meningkatkan kesadaran hidup berbangsa dan bernegara

Visi Misi Kota Depok

  • Visi

    "Kota Depok yang Unggul, Nyaman dan Religius"

  • Misi

    1. Meningkatkan kualitas Pelayanan Publik yang Profesional dan Transparan.
    2. Mengembangkan Sumber Daya Manusia yang Religius, Kreatif dan Berdaya Saing.
    3. Mengembangkan Ekonomi yang Mandiri, Kokoh dan Berkeadilan berbasis Ekonomi Kreatif.
    4. Membangun Infrastruktur dan Ruang Publik yang Merata, Berwawasan Lingkungan dan Ramah Keluarga.
    5. Meningkatkan Kesadaran Masyarakat dalam melaksanakan Nilai-nilai Agama dan menjaga Kerukunan antar Umat Beragama serta meningkatkan Kesadaran Hidup Berbangsa dan Bernegara.

Sejarah Berdiri Kelurahan


Sejarah Kelurahan Kosong



Program Unggulan Kelurahan



Memberikan Pelayanan Extra Kelurahan Pontir Sabtu Buka

 

 

   Bojongsari – Banyaknya warga Kelurahan pondok petir sehari-harinya bekerja diluar Kota Depok, terutama bagi warga tinggal di perumahan, dengan di gelarnya Pelayanan ektra di Kelurahan Pondok Petir warga akan mudah proses mengurus administrasi dihari mereka libur.
 
“Peringati HUT ke 74 RI pada 17 Agustus 2019 mendatang, kami buka layanan ekstra Ini kami dilaksanakan setiap hari Sabtu pukul 7.30 wib sampai 12.00,” kata Lurah Pondok Petir Rizal Farhan, Sabtu (20/7/2019) di Pondok Petir, seusai menghadiri kondangan warganya.
 
Meski begitu, kata dia, tak ada masalah dengan ASN tetap masuk kerja pada hari Sabtu.
 
   “Saya sudah dapat persetujuan pimpinan saya pak Camat, dengan para ASN dan tenaga kelurahan Pontir. ya saya siap. Pada hari Sabtu kantor Kelurahan sudah buka,” ujar Rizal.
 
Kesiapan juga ditunjukkan oleh Lurah Rizal Menurut dia, asalkan masyarakat yang khusus di perumahan mau datang, kebijakan ini ambil Selain itu dapat juga melayani masyarakat yang lainnya sesuai kebutuhan masyarakat.
 
Selama ini, kantor kelurahan belum menerapkan aturan membuka layanan pada hari Sabtu, namun dengan semangat yang tak Kenal lelah bersama dukungan LPM, BKM, RT, RW, Katar, Kader Dan para Tokoh saling berbagi peran dan berkolaborasi kita berusaha menjalankan.
 
   “Kantor Kelurahan Pondok Petir di buka namun, kalau ada kebutuhan pelayanan yang mendesak, seperti laporan-laporan yang kejadian di warga kami cepat bisa di tangani oleh kami,” ungkapnya.
 
Rizal terus melakukan sosialisasi kepada Rt, Rw dan LPM, hal ini untuk mencapai pelayanan yang memaksimal.
 
“Seperti proses pelayanan KIA ikut mensukseskan program Unggulan Walikota mensukseskan kota Depok sebagai kota layak anak, dengan target setiap anak dikelurahan pontir memiliki Kartu Identitas Anak,” pungkas Lurah.
 
Dengan semangat yang tak kenal lelah Rizal, menjalankan misi kota Depok yang Unggul, Nyaman dan Religius berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik yg professional Dan transfaran.
 
“Target KIA Sampai bukan Desember sudah mencapai sebanyak 2.500 KIA, sedangkan KIA Yang sudah di cetak dari 01 Januari s/d 20 Juli 2019 mencapai 1.553 KIA,” tutur Rizal dengan tekad memberikan yang terbaik buat kelurahan pontir.

 

 

 



Lembaga Kelurahan

PKK

Deskripsi PKK

Karang Taruna

Deskripsi Karang Taruna1

LPM

Deskripsi LPM

BKM

Deskripsi BKM

RT/RW

Masukan RT RW